Minggu, 16 Januari 2011

Macam-Macam Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem
operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system.
Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.berikut adalah macam - macam server :


1. DHCP Server : Protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.

2. DNS Server : Distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama computer di jaringan yang menggunakan TCP/IP.

3. Mail Server : Sistem computer yang digunakan untuk mentransfer email pada jaringan TCP/IP.

4. WEB Server : Sebuah perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client yang dikenal dengan bronswer web dan mengirimkan kembali dalam bentuk halaman-halaman web yang umunya berbentuk dokumen HTML.

5. Proxy server : Sebuah computer server/ program computer yang dapat bertindak sebagai computer lainya untuk melakukan request terhadap conten dari internet/intranet.

6. Game server : merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut

7. Home server : server ini merupakan server yang khusus bagi pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment. Komputer ini bisa juga ditambah layanan servis lainnya seperti printing servis, web servis, maupun file servis sebagai backup data. Sehingga komputer ini memiliki berbagai fungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar